Jumat, 20 Juni 2014

Jika anak mulai bersin menjelang tidur

             Serangan flu atau selesma hebat biasanya akan terlihat di pagi harinya. Kemudian, fase serangan hebat itu akan neraknir tiga sampai empat hari kemudian. Kadang-kadang bisa juga bertambah sampai lima atau enam hari, sebelum lapis-n mukosa hidung yang bengkak akibat flu kembali normal. Flu atau selesma tersebut biasanya menular sekitar satu atau dua hari setelah terlihat sakit.
Pada bayi usia kurang dari 6 bulan yang terkena selesma, problem yang sering dr.,1umpai (obat kanker payudara herbal)adalah sulit bernapas karena tersumbatnya lubang hidung. Akibatnya, ia juga sulit mengisap minuman atau makanannya. Secara sekilas, hal itu dapat dilihat ketika ia makan. Ditengah-tengah waktu makan, mungkin ia akan berhenti, menangis karena sulit bernapas. Hidung yang terasa gatal dan kering, diikuti dengan bersin-bersin beberapa waktu kemudian, adalah salah satu gejala selesma. Di samping itu, hidung terasa tersumbat, diikuti dengan keluarnya cairan bening kemudian akan keluar cairan berwana hijau kekuning- kuningan dan lebih kental, yang kita kenal dengan ingus. 

 Untuk melegakan pernapasan anak yang terganggu selama menderita selesma, dokter biasanya memberikan obat tetes hidung. Teteskan obat ini sekitar 20-30 menit sebelum minum atau makan. Obat ini bekeqa menyempitkan pembuluh darah di dalam hidung dan mengeringkan sel-sel yang memproduksi lendir. Bila anak demam, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan paracetamol. Adapun batuk yangtimbul bersama selesma pada bayi, bia sanya merupakan refleks untuk membersihkan lendir yang menggelitik tenggorokannya. Oleh karena itu, pemakaian obat tetes hidung untuk mengeringkan lendir di hidung dapat mengurangi batuknya pula.

 Mengingat bayi belum dapat membuang ingus sendiri, maka Anda dapat membantunya membersihkan ingusnya dengan lap lembut. Jika masih ada ingus kering yang tertinggal setelah bangun tidur, gunakan kapas bertangkai dan air hangat untuk membersihkannya. Mengoleskan semacam vaselin di sekitar lubang hidung akan mengurangi , rasa perih karena pilek. Kelihatannya memang agak ber minyak, tapi ini membantu menyembuhkan kulit yang kemerah- merahan.
Penderita selesma dengan panas tubuh meningkat, sebaiknya diberi baju yang longgar, tipis, agar panas tubuhnya mudah keluar. Selain itu, berikan banyak minum untuk membantu menurunkan panas tubuhnya, di samping juga mengurangi sakit tenggorokan yang biasanya menyertai selesma. Bawalah ke dokterjika Anda khawatir dengan keadaannya, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar