Senin, 30 Juni 2014

Sakit tenggorokan Akibat Infeksi Pada Saluran Pernafasan



Sakit tenggorokan biasanya merupakan gejala yang terlihat karena adanya infeksi saluranPernafasan. Jika anak masih terlalu kecil, ia biasanya belum dapat mengatakan apa yang dirasakannya. Sekalipun begitu, kita dapat memperkirakannya jika melihatnya sulit menelan. 

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh peradangan di tenggorokan oleh bakteri streptokokus, dan selesma biasa atau virus influenza.



Radang di sekitar tenggorokan juga dapat menyebabkan perasaan aneh di tenggorokan. Jika kelenjar di leher membengkak, karena gondongan, misalnya, maka anak biasanyajuga akan merasakan sakit tenggorokan. 

Pada umumnya, sakit tenggorokan bukan merupakan penyakit yang serius. Sekalipun begitu, ada kalanya infek_ si streptokokus (obat tradisional kankerdarah)di tenggorokan mengakibatkan gangguan di bagian tubuh lain, misalnya saja, nefritis (gangguan ginjal), demam rematik dan penyakit jantung rematik. 

Apabila anak Anda mengeluh sakit tenggorokan atau kelihatan sulit menelan, mintalah ia untuk membuka mulut lebar-lebar sambil menengadahkan kepala, lalu tekanlah lidahnya sedikit dah minta ia untuk mengatakan "Aaah..!"cara ini akan membuat kerongkongannya terbuka, sehingga Anda akan dapat melihat jika ada peradangan (kemerah- merahan). 

Selain itu, cobalah meraba lehernya, untuk melihat jika ada pembengkakan kelenjar leher. pembengkakan itu akan terlihat sepefti kacang polong di bawah k'ulit. Biasanya, jika ada infeksi, suhu tubuhnya akan meningkat, lebih dari 38 derajat Celsius. jika ini yang terjadi, bawalah se- gera ke dokter, karena infeksi bakteri streptokokus di tenggorokan harus diobati segera untuk mencegah timbulnya komplikasi. Biasanya dokter akan segera melihat adanya tanda-tanda infeksi, sehingga anak dapat diberi obat antibiotika bila diperlukan. 

Di rumah, Anda dapat membantu mengurangi rasa sakit anak dengan memberikan minuman airjeruk hingat. Berilah makanan yang lembut atau minuman bergizi, mengingat anak sulit menelan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar